LAMA!

  • 2014-11-23T09:46:59

Dari semua album @EndankSoekamti_, #Kolaborasoe adalah album dengan waktu pengerjaan paling lama! Biasanya @EndankSoekamti memproduksi album sebulan kelar, tapi #Kolaborasoe memakan waktu kurang lebih 6 bulan. :))

Kenapa lama? Karena #Kolaborasoe adalah “Kolaborasi bersama Endank Soekamti”. Yup, Endank Soekamti berkolaborasi dengan banyak musisi-musisi seperti Slank, Gigi, Naif, Pure Saturday, Pongki Barata, Dewa19, Esnanas, Didi Kempot, CJR, Cherybelle, Yacko, Stevi Item dan Tom Kill Jerry. Tidak hanya para musisi, Endank Soekamti juga berkolaborasi dengan stand up comedian Kemal Palevi dan tokoh animasi Jarwo Syubidu.
Dengan banyaknya pihak yang berkolaborasi dan konsep album #Kolaborasoe yang sengaja mengaransemen lagu-lagu hits mereka agar menjadi fresh kembali, maka banyak hal yang harus di-fixed-kan terlebih dahulu, seperti hal-hal yang berhubungan dengan legalitas dan perizinan lagu dari para kolabolator.
Selain itu juga, mencocokkan jadwal rekaman dengan para kolaborator juga bukan perkara mudah. Sebenarnya di era sekarang ini sangat bisa untuk saling berkirim data, tapi output dari #Kolaborasoe ini tidak hanya musik saja, tapi juga sebuah film dokumenter tentang proses pembuatan album. Untuk itulah team Euforia AV berangkat ngulon untuk mendokumentasikan semua proses rekaman album dari para kolaborator sekaligus untuk bersilaturahmi. 🙂
Proses 6 bulan lamanya terbayar dengan hasil yang sangat-sangat memuaskan.

Kolaborator
Banyak yang terkejut ketika Endank Soekamti merilis siapa saja musisi yang akan berkolaborasi di album #Kolaborasoe ini. Banyak pertanyaan, kenapa mengajak yang berbeda genre? Kenapa mengajak boyband & girlband? Kenapa mengajak penyanyi campursari? Kenapa tidak mengajak yang se-genre? Kenapa, kenapa, kenapa???
Alasannya simple, kalo Endank Soekamti mengajak band yang setipe, hasilnya pasti akan mudah ketebak, biasa, tidak ada kejutan. Tapi dengan mengajak yang tidak se-genre, itu akan menjadi sebuah surprise. Jadinya kaya apa? Terus lagunya gimana bentuknya? Bikin penasaran!
Alasan lain adalah, “pertukaran pendengar”. Pendengar Soekamti belum tentu adalah pendengar para kolaborator. Kamtis belum tentu mendengarkan Cherybelle, Chibi juga belum tentu mendengarkan Soekamti.
Tapi dengan #Kolaborasoe, Slankers akan menjadi pedengar Soekamti, Kamtis akan menjadi pendengar Slank. Simbiosis mutualisme!

Aku Kamtis
Selain berkolaborasi dalam bentuk musik, Endank Soekamti juga berkolaborasi dengan Kamtis Family dalam sebuah buku yang berjudul “Aku Kamtis”. Buku ini adalah hasil kurasi ratusan e-mail dari Kamtis Family yang bercerita dan berbagi pengalaman tentang menjadi seorang Kamtis.

Tepat pada tanggal 11/11/2014 #Kolaborasoe resmi launching. Kali ini ada 3 cara untuk bisa menikmati #Kolaborasoe.
1. Boxset Kolaborasoe, ini paket paling komplit. Di dalamnya terdapat CD audio, DVD Rockumentary, cincin, sertifikat kepemilikan, t-shirt dan buku “Aku Kamtis.
2. Buku “Aku Kamtis yang di-bundling dengan CD #Kolaborasoe.
3. Voucher #Kolaborasoe untuk menikmati semua konten #Kolaborasoe di aplikasi android Soekamti.

Enjoy #Kolaborasoe.